Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk Cari Tahu 5 Tips Mudah Belajar Investasi Bagi Pemula

Investasi adalah salah satu cara yang perlu untuk dilakukan agar bisa menjamin terpenuhinya kebutuhan di masa depan. Melakukan investasi juga akan mempermudah anda untuk lebih mengatur keuangan dengan bijak. Namun bagi anda seorang pemula yang baru mengenal Investasi, maka ada baiknya mengetahui tips belajar investasi yang tepat. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut. 


Tips Mudah Untuk Para Pemula Untuk Berinvestasi 


Memahami Resiko


Hal pertama yang harus anda perhatikan saat akan melakukan investasi adalah mengetahui resiko yang mungkin akan dirasakan. Perlu diketahui jika semua jenis investasi memiliki resikonya masing masing. Mulai dari investasi dengan resiko yang rendah hingga investasi dengan resiko yang sangat tinggi seperti saham. Apalagi jika anda mulai mendanai namun tidak memahami resiko yang akan didapatkan seperti kehilangan uang investasi anda. 

Pernting untuk diingat agar selalu melakukan investasi yang sesuai dengan tingkat resiko yang akan anda terima. Jangan berinvestasi terlalu banyak, jika anda tidak bersedia untuk menerima hasil investasi yang tidak sesuai harapan. Dengan memahami resiko yang ada, maka anda akan mempertimbangkan kembali berapa banyak investasi yang akan anda lakukan. Karena pada dasarnya investasi bertujuan untuk mendatangkan keuntungan.


Memahami Konsep Investasi

Sebelum anda mulai untuk melakukan investasi, maka ada baiknya untuk belajar investasi terlebih dahulu. Anda harus mengetahui seluk beluk investasi yang hendak anda pilih. Pahami juga berbagai jenis investasi yang sesuai dengan tujuan anda. Sehingga anda akan mengetahui produk investasi yang paling sesuai dengan kepribadian dan harapan anda. Memahami konsep investasi juga akan memberikan wawasan anda untuk lebih berhati hati dalam memilih investasi yang tepat.


Mulai Memantapkan Tujuan 

Melakukan investasi tidak hanya memiliki tujuan untuk mengembangkan dana saja. Namun ada juga tujuan dibalik investasi yang dilakukan tersebut. Anda harus memantapkan tujuan mulai dari jangka investasi yang diinginkan, jumlah yang bersedia anda sisihkan dan tujuan apa yang ingin dicapai. Misalnya anda ingin melakukan investasi dengan tujuan untuk membayar DP rumah, membeli mobil, membeli tanah atau biaya naik haji dalam jangka waktu 10 tahun ke depan.


Ini berarti instrument investasi dengan tujuan yang tepat untuk anda adalah saham dan reksa dana saham yang bisa memberikan hasil yang optimal dalam jangka panjang. Namun jika anda berinvestasi untuk tujuan jangka pendek seperti 6 bulan sampai dua tahun, maka anda harus mempertimbangkan investasi lain yang ditawarkan. Dengan belajar investasi yang tepat, maka anda tidak akan mengalami resiko kerugian yang lebih tinggi.


Melakukan Diverifikasi 

Agar investasi yang anda lakukan bisa lebih aman, maka ada baiknya untuk tidak berinvestasi untuk satu produk saja. Anda harus menyebar produk investasi tersebut ke berbagai instrument untuk mengurangi resikonya. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar saat anda memilih salah satu produk investasi yang gagal, maka anda tidak kehilangan semua uang yang telah diinvestasikan. Melakukan diverifikasi juga memungkinkan anda untuk menetapkan tujuan yang berbeda dari investasi sebelumnya.


Menggunakan Uang Sendiri Untuk Berinvestasi 

Jika anda ingin melakukan investasi, maka usahakan untuk menggunakan uang pribadi. Jangan sampai anda melakukan investasi menggunakan uang pinjaman yang berasal dari sumber yang lain. Meminjam uang untuk melakukan investasi akan mengurangi keuntungan yang didapatkan dari investasi tersebut. Tidak cukup sampai disitu, jika investasi yang dijalankan tidak sesuai dengan harapan, maka anda akan menumpuk utang yang akhirnya membebani keuangan.


Lakukan investasi menggunakan uang pribadi sehingga tidak akan memberatkan. Apalagi anda juga akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak jika menggunakan uang prbadi. Oleh kaenanya sebelum melakukan investasi, anda harus belajar terlebih dahulu. Dengan belajar investasi maka anda akan bisa lebih berhati hati dalam mengambil tindakan dan memiliki resiko yang kecil.


Investasi bisa dikatakan menguntungkan bisa dikatakan merugikan untuk beberapa pihak. Melakukan investasi juga memiliki resiko kegagalan yang cukup besar, sehingga anda harus mulai untuk belajar melakukan investasi dengan tepat. Namun daripada anda bimbang untuk melakukan investasi atau tidak, alangkah baiknya anda mulai menabung sebagai cara untuk mempersiapkan masa depan.

Paste Generated code here to stay copyright free and improve seo